Plus Minus Printing Sublim dan perbandingannya dengan DTG

Beberapa dari anda sekalian mungkin sudah ada yang pernah mendengar tentang Printing Sublim dan juga plus dan minus nya. Buat anda yang belum pernah mendengar,printing sublim itu ada 2 proses sesuai dengan kata nya.
Ada Printing yaitu suatu proses mencetak gambar pada suatu media,dan Sublim/Sublimasi proses perubahan wujud dari cair ke gas dan sebaliknya. Jadi Printing Sublim adalah proses pengaplikasian gambar dari suatu media (transfer paper) ke media lain (kain/bahan) dengan mengandalkan proses Sublimasi.

Plus Minus Printing Sublim
Plus Minus Printing Sublim


Plus Minus Printing Sublim

Dalam dunia printing kain ada beberapa metode yang biasanya di gunakan untuk produksi,tapi ketika kita berbicara mengenai Printing Sublim,biasanya hanya metode DTG yang di jadikan perbandingan.
Kenapa DTG? karna DTG menggunakan proses yang kurang lebih sama dengan Sublim.
Berikut adalah Perbedaan nya sekaligus Plus Minus Printing Sublim : 
  • Proses Pengerjaan dalam DTG bisa satuan,tapi rata-rata orderan nya minimal selusin,dikarenakan Alat nya mahal dan keuntungan dalam orderannya tipis.
  • Sedangkan Printing Sublim tidak ada masalah mau satuan ataupun partai. Dikarenakan tidak adanya perbedaan signifikan dalam proses pengerjaan.
  • Warna yang di hasilkan dalam proses sublimasi bisa di sesuaikan dengan inginnya kita (misalnya warna merah maroon jadi warna pink) asalkan ada contoh bisa di carikan warna nya ketajaman warnanya pun boleh di coba.
  • Ukuran yang bisa di cetak oleh DTG rata-rata hanya berukuran A4,tetapi tidak dengan printing sublim. Printing sublim ukuran cetak tergantung dengan mesinnya,ada yang 1 meter, 1,5 meter dan 2 meter.

Yang diperlukan untuk Printing Sublim

Untuk mengaplikasikan printing sublim ada beberapa alat/media yang harus dipersiapkan. Diantaranya adalah :




  1. Mesin Print
  2. Design
  3. Heatpress
  4. Bahan
Pendalaman mengenai hal ini akan kita bahas di artikel lainnya.

Yang pasti untuk menyiapkan peralatan/media diatas itu tidaklah mudah. Tapi sekarang ini tidak sulit,hanya dengan melakukan chat ataupun telepon,anda bisa mengaplikasikan design anda dengan harga yang terjangkau dan murah. Jika berminat kalian bisa menghubungi 081287589599 atau 087809907935 untuk sekedar bertanya-tanya atau meng-order.

Postingan Populer