Perlengkapan Digital Print Sublim dan Penjelasan

Bagi anda yang sudah tidak asing dengan Digital Print Sublim dan perlengkapannya pasti sudah tahu bahwa proses sublimasi ini sebenarnya simple. Tapi saya yakin tidak banyak yang mengetahui bahwasanya Proses Sublimasi ini tidaklah se-simple yang terlihat. Untuk melakukan Sublimasi ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelumnya. Apa saja hal/alat yang perlu di persiapkan? problematika apa saja yang biasa ada di dunia digital printing? berikut adalah daftar perlengkapan digital print sublim beserta dengan penjelasannya.

Perlengkapan Digital Print Sublim

1. Printer


Perlengkapan Digital Print Sublim


Yang dimaksud printer disini bukan printer ukuran kecil seperti mesin cetak foto. Printer untuk Digital Print Sublim biasanya berukuran besar dengan lebar lebih dari 60cm,ada yang 150 cm ada pula yang 200 cm. Mesin inilah yang akan digunakan untuk mencetak design yang sudah disiapkan.
Design tersebut selanjutnya akan dicetak pada suatu media yang biasanya berupa kertas khusus bernama transfer paper.

2. Transfer Paper


Perlengkapan Digital Print Sublim


Transfer paper adalah suatu media khusus yang digunakan untuk memindahkan warna/gambar yang sudah dicetak di kertas ini. Transfer paper pun ada banyak jenis nya tergantung dari kebutuhannya. Karna kita membahas tentang printing sublim maka yang digunakan adalah transfer paper sublim.
Jadi proses penggunaan nya adalah gambar yang sudah di design akan dicetak dari printer ke transfer paper ini. Ketika gambar sudah di cetak disarankan transfer paper jangan sampai lecek dan ketika baru selesai di print diusahakan jangan sampai gambar terkena tangan langsung. Transfer paper pun ada banyak kualitasnya, di Benedict Printing,kertas yang digunakan adalah kertas kualitas tinggi yang akan menghasilkan warna paling cerah.

3. Heat Press/HeatPress


Perlengkapan Digital Print Sublim


Heat Press atau mesin press panas ini adalah suatu mesin yang bisa menghasilkan suhu sampai dengan diatas 200 derajat celcius. Seperti yang sudah di jelaskan di artikel sebelumnya proses sublimasi itu adalah proses pemindahan gambar dari suatu media ke media lainnya dengan sublimasi dimana sublimasi itu adalah perubahan wujud dari padat ke gas dan sebaliknya. Heat press ini berperan penting dalam hasil akhir dari printing sublim. Mesin inilah yang menentukan kualitas warna dan gambar.

Keseluruhan Proses Printing Sublim

Jadi keseluruhan proses print sublim ini adalah sebagai berikut :
  1. Pembuatan Design adalah awal dari proses ini,jadi setelah dibuat design nya di simpan dalam format seperti PNG,JPG,AI ataupun CDR.
  2. Setelah pembuatan design selesai,dilanjutkan dengan pencetakan,jadi design yang telah di buat tadi akan di cetak melalui mesin printer dan di cetak ke transfer paper.
  3. Setelah selesai di cetak,transfer paper akan di press di atas kain dengan mesin Heat Press.
Itulah tadi keseluruhan proses print sublim,di artikel lainnya tim Benedict Printing akan mencoba mengupas problem/masalah yang biasa terjadi ketika men-yublim.


Postingan Populer